YouTube meluncurkan fitur stiker Shopping pada Shorts yang memudahkan pengguna membeli produk langsung dari video, meningkatkan interaksi dan mempermudah pengalaman berbelanja.
TechnonesiaID - YouTube menghadirkan pengalaman berbelanja baru di platform Shorts dengan memperkenalkan fitur stiker Shopping. Fitur ini memungkinkan pengguna membeli produk yang muncul dalam video Shorts secara langsung.
Stiker Shopping ini berfungsi mirip dengan fitur “Keranjang Kuning” yang populer di TikTok, memberikan kemudahan akses produk tanpa harus meninggalkan video.
Baca Juga
Advertisement
Berdasarkan uji coba di Amerika Serikat pada Mei 2025, video Shorts yang menggunakan stiker produk Shopping mendapatkan klik produk 40% lebih banyak dibandingkan video dengan tombol Shopping biasa.
YouTube mengumumkan pembaruan ini secara resmi pada 19 Juni 2025, menyatakan bahwa pengguna kini bisa melihat stiker produk Shopping saat menonton video Shorts favorit mereka.
Untuk memakai fitur ini, pembuat konten hanya perlu menandai produk dalam video Shorts mereka. Sistem secara otomatis akan membuat stiker berdasarkan produk pertama yang diberi tag.
Baca Juga
Advertisement
Jika ingin menampilkan produk berbeda dalam stiker, pengguna dapat mengubah urutan produk yang ditandai sehingga stiker akan mengikuti produk yang diutamakan.
Apabila ada beberapa produk yang ditandai dalam satu video, pengguna bisa mengetuk panah pada stiker untuk membuka daftar produk lengkap dan memilih produk yang diminati.
Setelah memilih produk, pengguna diarahkan ke situs retailer untuk melakukan pembelian. Selain itu, fitur stiker Shopping memungkinkan penyesuaian ukuran dan posisi stiker, dan sudah tersedia secara global.
Baca Juga
Advertisement
Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Elektronik, Anime, Game, Tech dan Berita Tekno lainnya setiap hari melalui social media TechnoNesia. Ikuti kami di :
- Instagram : @technonesia_id
- Facebook : Technonesia ID
- X (Twitter) : @technonesia_id
- Whatsapp Channel : Technonesia.ID
- Google News : TECHNONESIA