3.000 Channel Youtube Capai 1 Juta Subscriber di Indonesia

3.000 Channel Youtube Capai 1 Juta Subscriber di Indonesia

YouTube Indonesia mencatat pertumbuhan luar biasa, dengan ribuan channel mencapai satu juta subscriber dan dominasi regional di Asia Tenggara. Kenaikan ini juga diikuti dengan peningkatan pendapatan kreator dan kepercayaan publik terhadap konten mereka.

TechnonesiaID - Data internal YouTube menunjukkan bahwa Indonesia memimpin di Asia Tenggara dalam jumlah channel dengan subscriber lebih dari satu juta. Hingga akhir 2024, tercatat ada 3.000 channel yang mencapai angka tersebut.

Jumlah ini mengungguli negara-negara tetangga, seperti Vietnam dengan 2.500 channel, Thailand (1.300), Filipina (450), Malaysia (190), dan Singapura (170), menandakan dominasi Indonesia dalam ekosistem kreator digital kawasan.

Advertisement

Selain itu, sebanyak 30.000 channel di Indonesia telah mengumpulkan lebih dari 100 ribu subscriber, setara dengan Vietnam namun jauh melampaui Thailand (13.000), Filipina (6.000), Malaysia (3.000), dan Singapura (1.300).

Total, di enam negara Asia Tenggara terdapat lebih dari 7.600 channel dengan minimal satu juta subscriber, serta sekitar 77.000 channel yang melampaui 100 ribu subscriber. Angka ini menunjukkan ekosistem kreator yang semakin matang di kawasan.

Menurut Sapna Chadha, VP Google untuk Asia Tenggara dan Asia Selatan, YouTube terbukti lebih efektif dalam mendorong minat beli, bahkan hampir empat kali lebih besar dibandingkan platform media sosial lainnya di wilayah tersebut.

Advertisement

Di Indonesia, jumlah kreator yang memperoleh penghasilan sembilan digit rupiah atau lebih meningkat sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan potensi ekonomi dari konten digital semakin besar.

Riset dari Kantar mengungkapkan bahwa 67% penonton Indonesia menganggap kreator YouTube sebagai sumber yang terpercaya, memperlihatkan kredibilitas tinggi konten YouTube di mata masyarakat.

Selain itu, sebanyak 60% Gen Z di Indonesia lebih percaya terhadap merek yang dipromosikan oleh kreator YouTube dibandingkan hanya 46% di media sosial lain, mengindikasikan pengaruh kuat kreator dalam membentuk opini dan keputusan pembelian generasi muda.

Advertisement


Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Elektronik, Anime, Game, Tech dan Berita Tekno lainnya setiap hari melalui social media TechnoNesia. Ikuti kami di :